NewsGopego PlayGopego Magz

Android Berjaya di Asia Tenggara, Indonesia Pasar Paling Potensial

30 Apr 2012
Android Berjaya di Asia Tenggara, Indonesia Pasar Paling Potensial

Android telah mendorong Samsung ke posisi puncak dari penjualan smartphone secara global dan sistem operasi tersebut juga telah berkembang dengan baik di Asia Tenggara, di mana saat ini terhitung setengah dari seluruh penjualan smartphone. Hal ini diungkapkan oleh GfK Asia, Seraphina Wee.

Didukung oleh beragam perangkat, platform milik Google ini memiliki penjualan smartphone sebesar 49% selama kuartal pertama 2012, naik dari 15% pada Q1 tahun 2011 yang lalu. Peningkatan ini menunjukkan bahwa smartphone memiliki prosentase sebanyak 25,4% dari semua penjualan mobile, naik 4,9% dari tahun ke tahun, lebih dari dua kali lipat daripada 2 tahun lalu. Dan Android memiliki andil yang cukup besar terhadap pertumbuhan di industri smartphone.

Sementara pertumbuhan terbilang cukup stabil, namun tetap mengesankan dan bervariasi di tujuh pasar regional yang dimonitor oleh GfK. Perusahaan tidak mengungapkan per market, tapi masing-masing dari 7 negara yang dimonitor menunjukkan bahwa penjualan smartphone meningkat diantara 40-400%, tahun ke tahun.



Dari semua negara dalam region tersebut, Indonesia menunjukkan pertumbuhan penjualan yang paling tinggi dan potensial, seperti yang diungkapkan oleh GfK. “Market smartphone terbesar di region ini adalah Indonesia, yang memiliki sales penetration rate 62% dan penjualan melebihi $1,4 miliar pada kuartal terakhir.”

Meskipun mungkin masih di bawah pasar seperti China, Jepang dan Korea, namun Asia Tenggara menyumbang sepersepuluh dari populasi dunia, dengan penduduk Indonesia sendiri sebanyak 240 juta. Gerard Tan dari GfK yakin dengan pasar smartphone di kawasan yang masih baru ini, menurutnya tidak ada tempat yang lebih baik bagi merek ponsel global untuk memfokuskan penjualan dan upaya pemasaran mereka.