NewsGopego PlayGopego Magz

Terlalu Ruwet, Kasus Apple vs. Samsung di Australia Pakai Dua Hakim

26 Feb 2013
Terlalu Ruwet, Kasus Apple vs. Samsung di Australia Pakai Dua Hakim

Perang paten antara Apple dan Samsung masih diproses di pengadilan di sejumlah negara. Pada bulan Agustus tahun lalu Samsung harus mengaku kalah di pengadilan Amerika dengan kewajiban membayar denda $1 miliar kepada Apple. Beda di Amerika, di Australia proses peradilan antara keduanya justru semakin ruwet.

Dianggap sebagai kasus besar, pengadilan federal Australia bahkan harus menunjuk dua hakim untuk menangani kasus Apple vs. Samsung. Dalam sistem peradilan Australia, ini adalah kali pertama sebuah kasus harus ditangani oleh dua orang hakim.

Sistem peradilan di Australia umumnya bergantung pada satu orang hakim saja untuk proses dengar pendapat sebuah kasus hukum. Jika terjadi ketidak-cocokan pendapat mengenai pasal yang dikenakan dan alasannya, maka panel berisi hakim dalam jumlah ganjil akan membantu hakim ketua.

Hakim Annabelle Bennett telah menjadi hakim tunggal sejak kasus Apple vs. Samsung mencuat di Australia tahun 2011 lalu. Tapi kini Hakim Bennett telah didampingi oleh Hakim David Yates, terhitung sejak hari Senin lalu (25 Feb). Kedua hakim itu akan berbagi tugas untuk menentukan siapa yang menjiplak siapa, Apple atau Samsung.

Dalam kasus tersebut Apple menggugat Samsung karena dianggap menggunakan19 paten milik Apple tanpa ijin, dalam total 120 pelanggaran. Semua pelanggaran paten itu dikatakan dipakai dalam 9 smartphone dan 2 tablet buatan Samsung. Di lain sisi Samsung mengatakan Apple telah melanggar paten wireless miliknya.

Akankah Samsung kalah untuk kedua kali seperti yang terjadi di pengadilan Amerika? Ataukah akan ada kejutan besar di tahun ini yang berpihak pada Samsung? Nantikan informasi terbarunya hanya di Gopego :)

Source