NewsGopego PlayGopego Magz

Tips Android: 7 Cara Membuat Screenshot

23 May 2013
Tips Android: 7 Cara Membuat Screenshot

Berbagi screen yang berisi aplikasi favorit atau sekedar ingin memberitahukan teman sebuah postingan lucu di Facebook bisa Anda lakukan dengan membuat sebuah screenshot. Bukan masalah sulit jika Anda membuatnya di PC tetapi bagaimana jika Anda ingin membuat screenshot dari perangkat Android?

Apapun versu Android OS yang ada pakai, Anda tetap bisa melakukan screen capture bahkan tanpa harus rooting perangkat Android Anda. Anda bisa mendapattkan screenshot dari Android device melalui beberapa cara berikut:

1. Screenshot di Android Jelly Bean
Jika tablet/smartphone yang Anda pakai saat ini telah menjalankan Android 4.1 atau 4.2, cukup mudah untuk bisa mendapatkan sebuah screenshot dari tampilkan di layar. Cukup tekan bersamaan dua tombol: Power dan Volume Down.

Pastikan Anda menekannya dalam waktu yang sama, tidak saling mendahului, maka Anda akan berhasil mendapatkan screenshot yang Anda inginkan.



2. Screenshot di Android Ice Cream Sandwich
Seperti halnya di perangkat Android Jelly Bean, cara yang sama bisa Anda aplikasikan pada smartphone/tablet Android 4.0 ICS. Cukup tekan tombol Power dan Volume Down bersamaan dan Anda akan mendapati sebuah animasi di screen yang menandakan bahwa image telah tesimpan. Selanjutnya Android akan menyimpannya ke Gallery. Untuk melihatnya, silakan buka Gallery app dan tap Screenshots untuk mengecek dan share hasilnya.



3. Screenshot menggunakan Android SDK
Anda bisa mengambil screenshot di semua perangkat Androdi menggunakan Android SDK. Setelah Anda setup Android SDK, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mengoneksikan smartphone/tablet Android ke komputer menggunakan kabel USB untuk menjalankan SDK.

Aplikasi ini tidak umum dipakai oleh pengguna Android pemula, tetapi sebenarnya cukup mudah digunakan setelah Anda berhasil mengesetnya.



4. AShot (Android Screen Capture)
AShot adalah open-source tool gratis untuk komputer yang bisa Anda pakai untuk mendapatkan screenshot dari perangkat Android. AShot menawarkan banyak kemampuan melebihi yang dimiliki Android SDK, termasuk didalamnya near-real-time streaming dari Android screen. Untuk itu Anda bahkan tidak perlu terus-menerus klik tombol Refresh seperti yang terjadi di SDK.



5. Manufacture Shortcut
Sejumlah pabrikan pembuat Android devices telah menyertakan screenshot shortcut ke dalam perangkat pre-Android 4.0 yang mereka rilis.

Sebagai contoh, di perangkat Android lawas buatan Samsung termasuk Galaxy Note dan Galaxy S2, Anda bisa tekan tombol Home dan Power secara bersamaan untuk mendapatkan screenshot. Cara mudahnya, tekan saja terlebih dulu tombol Home lalu dengan cepat ikuti dengan menekan tombol Power.

Di Galaxy S, untuk mendapatkan screenshot bisa dilakukan dengan menekan tombol Back dan Power bersama-sama atau cobalah tekan tombol Back lalu double-tap pada tombol Home.

Perlu dicatat bahwa perangkat pre-Android 4.0 buatan produsen selain Samsung pastinya menerapkan cara berbeda untuk mendapatkan screenshot.



6. Screenshot menggunakan Android app
Ada bermacam aplikasi Android yang bisa Anda pakai untuk membuat screenshot, khususnya bagi perangakat Android di bawah Ice Cream Sandwich. Sejumlah aplikasi yang tersedia di Play Store, seperti AndroSS, bahkan bisa Anda pakai tanpa rooting perangkat Android yang menggunakan chip Tegra. Anda bisa mencari aplikasi screen capture lain yang tersedia di Google Play, baik yang berbayar ataupun gratisan.



7. Aplikasi rooting
Alasan install aplikasi screen capture adalah karena tidak adanya ijin dari versi Android tertentu untuk mengambil screenshot dari perangkat tersebut. Hal itu tak lepas dari antisipasti Android terhadap malware yang bisa saja memata-matai aktifitas perbankan Anda di perangkat Android.

Nah, untuk membuka batasan itu Anda perlu rooting Android device. Setelah rooting, Anda akan bisa install sembarang screen capture app dari Google Play yang menyaratkan rooting terlebih dahulu. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan aScreenshot yang memiliki banyak fitur keren untuk mendapatkan screenshot termasuk dengan cara menggoyang device, tap pada notifikasi atau mengeset delay.

Nah, sekarang tinggal pilih metode screenshoot mana yang ingin Anda pakai. Tentunya semua bergantung dari versi Android di smartphone/tablet Anda serta kondisinya, baik rooted atau belum.

Source